Langsung ke konten utama

Pencabangan

  Dalam Algoritama ada yang namanya pencabangan, pencabangan adalah suatu pilihan atau opsi dengan kondisi tertentu. jika kondisi itu terpenuhi maka pilihan itu akan di jalankan, jika tidak terpenuhi maka sebaliknya. dalam percabangan kita menemukan if, if-else, if-else if-else, dan switch case. ke empat itu adalah pencabangan dalam pemograman, tentukan dari keempat tersebut ada persaman dan juga perbedaan, dan juga penggunaan yang tentunya berbeda juga. disini kita coba untuk gali lebih dalam lagi.
buletin.muslim.or.id
  Kita mulai bahas apa persamaan dari keempat pernyataan tersebut  adalah untuk menentukan suatu pilihan yang harus di jalankan seperti yang kita mau. contoh percabangan dalam kehidupan sehari hari yang mungkin pernyataan ini sering kalian dengar yaitu "Apakah Mau Masuk Syurga Atau Neraka",  nah itu adalah salah satu kalimat yang masuk dalam kategori percabangan jika kalian ingin masuk surga maka akan melakukan sesuatu yang tuhan ridhoi jika kalain ingin masuk neraka maka jauhi tuhan, nah seperti itu lah pencabangan. lalu apa perbedaan dari keempat tersebut kalau mereka semua pencabangan ? di gunakan pada saat kapan mereka ? perbedaan dari keempat pencabangan tersebut adalah


  • IF
   If digunakan hanya untuk satu kondisi saja, jika kondisinya terpenuhi maka akan menjalankan perintah tersebut dan jika tidak maka tidak menjalankan apapun.

Java
 
Visual Basic







  itu adalah contoh dalam penulisan if dalam bahasa java dan dalam bahasa visual basic, logika nya itu adalah jika nilai dari variabel nilaiMtk itu lebih besar dari 6 maka Print "Anda Lulus MataKuliah Matematika", jika tidak maka dia tidak akan melakukan apapun. dan disini saya beri nilai di dalam variabel nilaiMtk itu adalah 9 maka apakah dia akan print "Anda Lulus MataKuliah Matematika" atau tidak ? monggo di jawab di kolom komentar.
  • IF-ELSE
   IF-Else digunakan jika ada dua kondisi, jika kondisinya terpenuhi maka akan menjalankan perintah A , dan jika tidak terpenuhi maka akan menjalankan perintah B.
Java

Visual Basic
   Di atas adalah contoh untuk penggunakan if else yang dimana jika kondisi a terpenuhi maka akan menjalankan perintah a jika tidak maka akan menjalankan perintah b. saya mempunyai kasusu yang dimana jika nilaiMtk Lebih dari 6 maka print "Anda Lulus MataKuliah Matematika" dan jika tidak "Anda Tidak Lulus MataKuliah Matematika",nah disini saya mempunyai nilai 5 untuk variabel nilaiMtk Tersebut, maka akan Menapilkan mana jika nanti di compile ?  Monggo Di resapi di kolom komentar.
  • IF-ELSE IF-ELSE
  Nah selain ada if dan juga if-else ada juga namanya if-else if-else yang dimana if-else if-else digunakan untuk banyak kondisi, jika kondisi a terpenuhi maka akan menjalankan perintah a, jika tidak maka akan mengecek kondisi b dan jika kondisi b terpenuhi maka akan menjalankan perintah b jika tidak maka akan menjalankan perintah c.
Java

Visual Studio
  Disini saya Mempunyai Kasus Jika nilaiMtk Lebih Dari 9 Maka Print "Anda Lulus, Dengan Hasil Memuaskan" jika nilaiMtk Lebih Dari 5 Maka Print "Anda Lulus" dan jika tidak memenuhi dua kondisi tersebut maka print "Anda Tidak Lulus", kebetulan nilaiMtk saya isi dengan nilai 6, Maka Kondisi yang terpenuhi yang mana ? dan akan menampilkan yang mana ? sok rada di gitek men.
::Catatan Else If nya itu bisa lebih dari satu iya kebetulan saya kasih contoh nya satu karena biar gak terlalu panjang hehe
  • SWITCH CASE
  Switch case adalah alternatif dari if bersarang atau (if-else if- else) yang banyak, tetapi :
  1. switch hanya dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dan juga karakter/string, dan tidak bisa di nyatakan dalam bentuk >,<,<=,>= . sebetulnya bisa akan tetapi sedikit tricky, saya tidak akan membahas itu karena itu jarang dilakukan karena lebih baik memakai if dari pada switch case kalau kondisi nya seperti itu.
  2. lalu jika switch berupa angka maka dia hanya membaca dari 0 sampai 255.
  3. harus menggunakan break, gunakan break untuk mengakhiri statment. jika tidak memakai break maka komputer akan  mengeksekusi intruksi yang berada di bawahnya walaupun berada di case yang berbeda. jangan pernah lupa memakai break kalau memakai switch case.
  4. ada default, ini bisa di bilang 'else'nya dari switch case.
  5. tidak ada konstanta yang sama dalam switch.
  Lalu Switch hanya akan di periksa satu kali saja walaupun banyak kondisi artinya dia akan mengecek kondisi satu persatu dari 'a'-'z' tetapi jika kondisi terpenuhi di 'd' maka dari kondisi 'e'-'z' tidak akan di periksa kembali berbeda dengan if dia akan mengecek 'a'-'z' walaupun di kondisi 'd' dia sudah terpenuhi jadi lebih lama if dari pada switch case.


Java
Visual Basic
  Disini saya ingin mengetahui suatu keterangan dari code grade itu apa keterangan nya / penjelasan nya, jika grade "A" maka print "Sangat Bagus!" dan jika grade "B"  maka print "Bagus"  , jika grade "C" maka print "Cukup Bagus" , jika dia "D" maka printlah "Jelek" dan jika selain grade itu print "Nilai Tidak Ada", nah disini saya isi grade dengan nilai "B" maka apa yang akan di print ? monggo di gesek di komentar.

::Note, Jika kalian teliti maka kalian akan bertanya tanya ko di visual basic dia tidak memakai "BREAK", katanya break itu wajib? ko ini engga ?  karena di reseved word / keywords visual basic tidak mengenal kata break. di setiap bahasa pasti ada aturan dan tata bahasa yang berbeda beda dan di sini kita lihat bahwa tata bahasa dan aturan dari bahasa java dan bahasa visual basic memang berbeda.
sekian dari saya untuk pembahasan percabangan ini , semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RQ 2 - Latihan Soal Aplikasi Kasir Menggunakan Java Swing

  Disini saya akan mencoba untuk memberikan latihan soal tentang penggunaan java swing, yang dimana soal dan jawabannya pun saya kasih  yang kalian bandingkan dengan jawaban kalian sendiri. untuk memberikan kemudahan dalam mengerjakan nya kalian biasakan, membuat algoritma dengan flowchart terlebih dahulu, lalu pseudocode ya sebelum anda memprogramnya.    Tampilan Aplikasi nya Soalnya itu adalah  Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Swing dengan IDE Netbeans untuk menyelesaikan permasalahan berikut ini : Diketahui ada sebuah toko alat tulis kantor bernama TulisKu membutuhkan suatu program kasir yang mampu membantu menghitung setiap transaksi penjualan yang dilakukan. Berikut daftar barang yang dijual : Input   : No Transaksi, Nama Barang, Jumlah Barang, Pembayaran, Bayar Output : Nama Barang, Harga Satuan, Total, Diskon, Total Bayar, Kembalian Ketentuan : No Transaksi Terisi Secara Otomatis Ketika Program Di jalankan

RQ 1 - Latihan Soal Pewarisan, Overriding, dan Polymorfisme

Malam para jomblo balik lagi di coretan yang tidak bermutu ini, disini saya akan mencoba membuat soal tentang pewarisan, overriding, dan polymorfisme. tapi sebelum memberikan soalnya dan jawaban nya saya ingin memberitahu sedikit yang saya tau tentang  Pewarisan, Overriding, dan Polymorfisme. Google.com   Pewarisan merupakan salah satu konsep yang cukup penting dalam OOP, pewarisan adalah proses menciptakan class baru dengan mewarisi karakteristik kelas yang sudah ada. kalau di analogikan pewarisan itu sama seperti orang tua dan anak, orang tua misal nya itu adalah superclass atau kelas yang akan mewariskan sesuatu kepada anaknya, misalnya orang tua akan mewariskan mata yang mirip orang tua, rambut yang di wariskan kepada anaknya maka anak itu akan memiliki mata dan rambut sama dengan orang tua, tapi anak atau subclass bisa memiliki keunikan yang berbeda dengan orangtuanya misalnya anaknya memiliki hidung yang lebih sikap yang lebih rajin dari orang tuanya, jadi pewarisan itu